DANLANTAMAL IX AMBON PIMPIN LANGSUNG UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2024 DI MAKO LANTAMAL IX

TNI AL, Lantamal IX Ambon | Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suwandi, S.A.P., M.M., Melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal IX, Kompleks Lantamal IX, Halong, Baguala, Kota Ambon. Selasa (01/10/2024)

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lantamal IX Ambon dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan dan komitmen prajurit TNI AL terhadap ideologi Pancasila dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Upacara dipimpin langsung oleh Danlantamal IX, Brigjen Suwandi dan diikuti oleh seluruh personel militer dan PNS Lantamal IX.

Prosesi upacara meliputi pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila, UUD 1945, serta pembacaan Ikrar Kesetiaan pada Pancasila. Upacara ini adalah momen untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam mempertahankan Pancasila dari ancaman Gerakan 30 September 1965 (G30S), serta menegaskan kembali peran TNI Angkatan Laut dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa di laut.

Peristiwa ini dianggap sebagai ujian bagi kekuatan ideologi Pancasila yang mampu bertahan dari ancaman pemberontakan. Untuk mengenangnya, upacara Hari Kesaktian Pancasila dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di instansi pemerintah, sekolah-sekolah, dan di lembaga TNI. Upacara ini bertujuan untuk mengingat jasa para pahlawan yang gugur, memperkuat komitmen bangsa terhadap Pancasila, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan negara.

Brigjen Suwandi pada amanatnya mengatakan "Mari kita bersama-sama semangat dalam kebhinekaan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mengingat jasa para pahlawan yang gugur, memperkuat komitmen bangsa terhadap Pancasila, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan negara,". 

(Dispen Lantamal IX)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMK Hang Tuah 1 Jakarta Hadirkan Pengawas Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah Sebagai Guru Tamu

PERKUAT SINERGITAS DANLANTAMAL IX AMBON KUNJUNGI KANTOR BNNP DAN BINDA MALUKU

Danlantamal V Pimpin Laporan Kenaikan Pangkat Perwira Lantamal V