Danlantamal V Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Di Grahadi

LANTAMAL V | Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI (Mar) Joni Sulistiawan, S.H., M.Han.,  menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Gedung Negara Grahadi Jln. Gubernur Suryo No.7 Surabaya. Selasa (01/10/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, A.Ks., M.A.P., Perwira Upacara Kaprot Kogartap III/Sby (Letkol CPM Sukadi) dan Komandan Upacara Kasatpam Obvit Polrestabes Surabaya (AKBP Wachid Arifiani) serta diikuti kurang lebih 1.000 orang peserta dan undangan.

Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini mengusung tema  "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”.

Sebagaimana kita ketahui, peringatan 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila merupakan sebuah konstruksi sosial atas kemampuan bangsa Indonesia untuk memenangkan pertarungan melawan pemberontakan PKI yang ingin menggantikan NKRI yang berdasar Pancasila dengan ideologi komunisme.

Kegagalan kaum komunis untuk mengubah konsepsi dasar negara melalui Gerakan 30 September yang menewaskan pahlawan revolusi merupakan peristiwa sejarah yang tidak boleh dilupakan baik atas nama HAM, demokratisasi dan reformasi.

Reformasi tidak akan bisa mengubah kejadian pemberontakan PKI di Madiun 1948, Pemberontakan PKI tahun 1965. Namun harus tetap diyakini bahwa PKI telah melakukan makar terhadap pemerintah Republik Indonesia, NKRI yang berdasar Pancasila.

Sementara itu Wadan Lantamal V Kolonel Laut (P) Jani Sujani, S.T., M.Han., M.Tr.Hanla menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Gedung Balai Kota Surabaya, yang dipimpin Pj. Walikota Surabaya Dra. Restu Novi Widiani.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMK Hang Tuah 1 Jakarta Hadirkan Pengawas Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah Sebagai Guru Tamu

PERKUAT SINERGITAS DANLANTAMAL IX AMBON KUNJUNGI KANTOR BNNP DAN BINDA MALUKU

Danlantamal V Pimpin Laporan Kenaikan Pangkat Perwira Lantamal V